Limbah Pabrik Laundry di Cikuda Disoal

POTRET BOGOR – Aktivitas usaha laundry di Kampung Cikuda Desa Cileungsi di soal. Pasalnya, limbah laundry perusahaan diduga dibuang langsung ke Sungai Cileungsi tanpa melalui proses pengelolaan limbah. Hal tersebut mengakibatkan Sungai Cileungsi kerap tercemar.

“Pabrik disini banyak yang membuang limbahnya ke sungai. Makanya Sungai Cileungsi sering berbau dan berwarna hitam karena limbah perusahaan,” kata salahsatu warga cileungsi, Amru kepada Jurnal Bogor.

Amru mengatakan, terkait keberadaan perusahaan laundry ia mengatakan, pihak kecamatan dan desa sudah melakukan sidak ke lokasi pabrik terkait pencemaran lingkungan. Namun ia mengaku tidak mengetahui tindak lanjut dari sidak tersebut, karena sampai saat ini perusahaan masih beraktivitas.

“Waktu itu sudah pernah disidak oleh kecamatan dan desa. Tapi tidak ada tindakan kongkret karena pabrik masih beroperasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Jabar Forum Indonesia Lestari, Jimmy Valiant Hutauruk mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi terkait dugaan tindakan pencemaran yang dilakukan oleh pabrik laundry di Kampung Cikuda Desa Cileungsi. Menurutnya pembuangan limbah berbahaya tanpa melalui pengelolaan merupakan tindakan pidana lingkungan hidup.

“Jika nanti kita temukan adanya pembuangan limbah berbahaya dari pabrik laundry ke Sungai Cileungsi maka pihaknya akan membawa kasus tersebut ke ranah hukum,” singkatnya.

(fix)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page