Miris…Hitungan Bulan, Betonisasi Jalan Lingkungan dari Dana Desa Di Desa Citeureup Sudah Rusak  

CITEUREUP – Belum genap lima  bulan Betonisasi Jalan Lingkungan (Jaling) yang berlokasi Kampung Citeureup RW001, Desa Citeureup, Kecamatan Citeureup, yang menggunakan sumber anggaran dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023, tampak sudah mengalami kerusakan dan berdebu. 

Kepala Desa Citeureup Marwan saat di konfirmasi pesan whatsapp terkait kerusakan jalan tersebut yang belum genap 5 bulan tetapi sudah mengalami kerusakan dan berdebu, tak dapat berkomentar banyak. Pihaknya hanya memberikan keterangan bahwa akan terlihat pada beberapa hari kedepan.

“Belum beres, dan nanti lihat 5 hari kedepan,” singkatnya di pesan whatsapp, Kamis (3/8/2023). 

Dari Keterangan papan kegiatan yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tersebut, diketahui di kerjakan pada tanggal 10 juni 2023 dengan koss anggaran yang dikerjakan bernilai Rp. 43.486.000,- dengan volume P476× L1.5× T 0,05 meter.  Akan tetapi, hasil dari pengerjaan tersebut menurut fakta di lapangan sudah mengalami kerusakan, bahkan terlihat dibeberapa foto yang di ambil oleh awak media pada tanggal 3 Agustus 2023.

Salah satu Kontrol Sosial sekaligus Ketua LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) memberikan keterangan terkait kerusakan Betonisasi Jalan Lingkungan di Desa Citeureup, yang belum lama sudah kembali rusak.

“Aneh, kok belum 5 bulan saja sudah rusak. Ini menjadi pertanyaan kami selaku sosial kontrol,” tegas Romi.

Romi menjelaskan, bahwa kepala Desa harus bertindak terhadap kerusakan jalan tersebut. Karena anggaran tersebut berasal dari Dana Desa (DD) yang nominalnya tidak sedikit, dan terindikasi dari hasil yang sudah rusak tersebut, bahwa bahan material yang digunakan tidak sesuai spesifikasi.

“Kalau hitungan bulan saja sudah rusak, berarti bahan materialnya itu diduga tidak sesuai spek. Saya minta Kepala Desa harus turun untuk melihat langsung kerusakan pada jalan tersebut, dan segera benahi kerusakannya. Ini jangan sampai masyarakat kecewa,” tutupnya.(red)

You cannot copy content of this page