Dapat Kunjungan Kades-kades Se-Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan, Inovasi Desa Gunung Putri Dilirik.

GUNUNGPUTRI | POTRETBOGOR – Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri kembali dikunjungi Kepala Desa Se-Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan , Dalam Rangka Kunjungan Kerja dan Studi Tiru, Inovasi-inovasi Desa tersebut dilirik.

Kecamatan Bolukoda tersebut mengatakan bahwa ia salah, satu camat di Kabupaten sinjai Provinsi Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi terhadap inovasi-inovasi yang ada di desa yang ia kunjungan tersebut.

“Kami salah satu kecamatan yang di kabupaten sinjai provinsi sulawesi selatan sangat apresiasi inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh kepala desa gunung putri ini,” Ucap Asruloh salah satu Camat Bolukoda, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan tersebut ia mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut akan lahir sebuah tantangan bagi ia dan 7 Desa di Kecamatannya nanti, karena akan inovasi-inovasi tersebut menjadi motivasi kedepannya.

“Ini merupakan suatu tantangan sekaligus motivasi kepada kami untuk 7 Desa yang ada di Kecamatan Bolukoda, untuk mengambil salah satu diantara sekian inovasi di Desa Gunung Putri ini,”Ungkapnya.

Lalu ia menambahkan bahwa beberapa poin-poin positif yang dapat diambil dalam kunjungan tersebut, diantaranya terkait dengan Penanganan Sampah dan Desa digital.

“Memang anggarannya besar, tetapi kalau kita lihat transaksi terkait terkepenuhan data itu (jaringan internet) itu sebenarnya bisa kita ambil alih pihak DesaDesa karena itu sangat bermanfaat bagi masyarakat,” Ucapnya.

Tambahnya, karena untuk harga di setiap pemakaian jaringan internet (data internet) untuk masyarakatnya nanti dan keuangan untuk jaringan internet pun bisa di press (dikurangi) sedikit berdasarkan kondisi ekonomi yang di Desanya nanti.

Ditempat yang lain yaitu tuan rumah bagi tamu Kepala Desa Se-Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan tersebut, yaitu Kepala Desa Gunung Putri mengatakan bahwa desanya dikunjungi kembali oleh Kepala Desa.

“Kunjungan hari ini dari Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 80 orang lebih Kepala Desa terdiri dari Kepala Dinas, Inspektorat, Camat-camat dan Seluruh Kepala Desa yang di Kabupaten Sinjai, atas apresiasi serta Terima kasih atas kepercayaan kepada Desa Gunung Putri ini, “Ungkap Damanhuri Kepala Desa, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (26/7/2023).

Damanhuri mengatakan bahwa tali silahturahmi akan terus dijalin untuk membangun Desanya masing-masing dan dalam silahturahmi tersebut semoga akan terus terjalin silahturahmi berkelanjutan.

“Banyaknya kunjungan ini bukan berarti Desa gunung putri ini yang terbaik atau Desa super tapi ini adalah anugerah dari Allah.SWT, dan kita justru banyak menemui suatu proses dalam pertemuan dengan mereka,”Ucapnya.

Ia mengaku bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan yang ada didesanya oleh karena itu desanya akan terus berbenah diri untuk menjadi Desa yang ideal untuk kunjungan yang selanjutnya.

“Dan ini juga merupakan suatu momentum desa gunung Putri lebih bangkit lagi menjadi desa yang terbaik kedepannya,”ujarny.

Kades tersebut mengatakan bahwa jika ada sebuah kunjungan dari Kepala Desa yang lain baik dari luar Kabupaten Bogor untuk memprogramkan inovasi-inovasi yang ada didesanya, agar di jalankan di desa tersebut itu adalah kebaikan yang perlu kita dukung.

“Kalau inovasi-inovasi disini di copy paste oleh desa-desa yang lain alhamdulillah itu adalah kebaikan, jika suatu kebaikan yang copy paste lalu dijalankan kebaikan itu, pahalanya sama yang mengcopy itu,”paparnya.

Camat Gunung Putri yang ikut serta dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi kepada Kepala Desa Gunung terhadap inovasi-inovasi yang di ciptakannya untuk membangun Desa tersebut.

“Kembali Desa gunung putri ada kunjungan dari studi Tiru dari Kepala Desa, Camat, DMPD dan Kepala Dinas Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan, dan ini juga adalah kunjungan yang ke 28,”Ucap Didin Wahidin Camat Gunung Putri, Rabu (26/7/2023).

Didin mengatakan, memang sudah banyak dari daerah-daerah yang lain, yang, sudah berkunjung di Desa Gunung Putri ini dan saya sangat apresiasi terhadap terhadap Kepala Desanya.

“Inovasi pak kades yang cukup bagus sehingga mereka yang datang itu ingin mencu meniru dan sesuai dengan wilayahnya serta penerapannya,”paparnya.

Ia menambahkan, bahwa inovasi-inovasi yang diterapkan oleh Kepala Desa Damanhuri dan memang tidak terduga bahwa itu semua bertujuannya memang benar-benar untuk membangun Desa Gunung Putri,”pungkasnya.

You cannot copy content of this page