Ridwan Kamil Minta Jalur Zonasi PPDB Di Evaluasi, Ketua LSM PENJARA Pemkab Bogor Harus Ikut Mendukungnya.

BOGOR | POTRETBOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makariem untuk evaluasi Jalur Zonasi didalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Ketua LSM Penjara sepakat dan minta Dinas Pendidikan (Dinas) Kabupaten Bogor mendukungnya.

Terhadap pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disalah satu media yang, menyatakan bahwa dirinya meminta Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk evaluasi Jalur Zonasi dalam PPDB.

“Atas pernyataan Gubernur Jawa Barat disalah satu media bahwasanya ridwan kamil minta Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk evaluasi Jalur Zonasi dalam PPDB,”Ungkap Romi Sikumbang Ketua LSM Penjara Kabupaten Bogor, Senin (24/7/2023).

Tambahnya, bahwa pernyataan Gubernur Jawa Barat tersebut untuk mengevaluasi sistem Pendidikan Jalur Zonasi didalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), agar tidak ada lagi drama-drama yang melelahkan setiap tahunnya.

“Saya sangat sepakat atas rencana kang emil itu untuk mengevaluasi Jalur zonasi didalam PPDB biar permasalahan dan drama-drama yang sama dan melelahkan setiap tahunnya,”ucapnya.

Lanjut ia menjelaskan jika sistem Jalur Zonasi di setiap PPDB setiap tahunnya dari pemerintah tidak ada perubahan, kejadian yang sama di tahun 2023 ini, akan terulang kembali ditahun depan.

Romi berpendapat jika drama yang sama akan terulang lagi ditahun depan, akak berdampak ke masyarakat terutama kepada orang tua murid dan calon siswa yang diinginkan masuk di salah satu Sekolah Negeri.

“Sebetulnya kalau kejadian itu terus-menerus terulang setiap tahunnya, masyarakat lah yang menjadi korban dari pada sistem Jalur Zonasi yang tidak pernah terselesaikan itu,”katanya.

Lalu ia berharap bahwasanya Dinas Pendidikan (Disdik)Kabupaten Bogor harus mendukung apa yang di minta boleh Gubernur Jawa Barat tersebut untuk mengevaluasi Sistem Jalur Zonasi di setiap PPDB baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Perlu diketahui bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Tahun 2023 terdapat 4 Jalur diantaranya zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua. Jalur Zonasi adalah jalur penerimaan murid baru dengan melihat berdasarkan jarak rumah siswa dengan sekolah.

Pendaftaran PPDB tercantum dalam Permendikbud No.1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dan Jalur zonasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

You cannot copy content of this page