DPKPP Kabupaten Bogor Panggil Panitia Relokasi Makam Cohak 

GUNUNGPUTRI I POTRETHUKUM – DPKPP Kabupaten Bogor akan segera memanggil pihak Panitia relokasi makam di Kampung Cohak Desa Nagrak Kecamatan Gunung Putri, yang sebelumnya terimbas proyek Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci). Hal tersebut dibenarkan Eko Mujianto selaku Kabid Pertanahan DPKPP Kabupaten Bogor, Senin 1 Mei 2023.

Menurutnya, pemanggilan dilakukan berdasarkan adanya keluhan dari para ahli waris terkait translaransi biaya yang sebelumnya digelontorkan pihak Pemerintah Kabupaten Bogor. 

“Minggu depan kami panggil pihak panitia pemindahan makam untuk diklarifikasi atas keluhan tersebut,” ucap Eko saat dikonfirmasi pesan selularnya, Senin 1 Mei 2023.

Seperti diketahui, salahsatu warga di Kampung Cohak Desa Nagrak mengatakan bahwa persoalan pemindahan makam yang terimbas Tol Cimaci, terindikasi adanya ajang bisnis yang disinyalir dilakukan oleh para panitia.

“Banyak pemotongan biaya oleh pihak panitia dari anggaran yang digelontorkan dari pihak Pemda Bogor. Ini sangat merugikan kami sebagai ahli waris,” ujarnya.

Dia mencontohkan, tranparansi anggaran biaya pemindahan makan dan lainnya, banyak disalahgunakan oleh oknum yang memanfaatkan anggaran tersebut.

“Dari anggaran Rp.2 juta per makam, banyak biaya-biaya yang dinilai tidak masuk akal saat pelaksananya di lapangan,” keluhnya.

Warga meminta agar pihak Pemda dalam hal ini DPKPP Kabupaten Bogor, untuk segera menibdak oknum-oknum tersebut.

“Kami ingin ada transparansi penggunaan biayanya, ini dilakukan agar tidak menimbulkan persepsi negatif dimata masyarakat,” ujarnya.(bc)

You cannot copy content of this page