Kemenag Gelar Sidang Isbat 20 April 2023, Untuk Menentukan Awal Syawal

JAKARTA | POTRETBOGOR.ID – Kementerian Agama RI (Kemenag) mengumumkan akan menggelar sidang Isbat pada 20 April 2023 untuk menentukan awal Syawal 1444 H. Sidang akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Urusan di Jakarta.

Kemenag juga akan memantau penampakan hilal di 123 lokasi di seluruh Indonesia. Tim Hisab Rukyat Kemenag akan mempresentasikan posisi hilal dalam seminar yang akan mengawali sesi Isbat tersebut.

Menurut data Hisab Rukyat, pada 20 April 2023, posisi hilal akan berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45′ hingga 2° 21,6′ dan sudut elongasi antara 1° 28,2′ hingga 3° 5,4′ di seluruh wilayah Indonesia.

Kementerian akan menerjunkan tim ke 123 lokasi di seluruh Indonesia untuk melakukan penampakan hilal atau rukyatul hilal. Hasil Hisab dan Rukyatul Hilal akan dibahas dalam sidang Isbat untuk menentukan tanggal pasti 1 Syawal yang akan menunjukkan kapan Idul Fitri akan dirayakan.

Keputusan sidang Isbat akan sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di Indonesia. Ini akan menandai dimulainya periode puasa Ramadhan selama sebulan dan perayaan Idul Fitri di akhir itu. (Bck/al)

You cannot copy content of this page