Pemerintah Terapkan Kebijakan “One Way” saat Arus Mudik Lebaran, Kendaraan Menuju Jakarta di Brebes Dialihkan Lewat Pantura

BREBES | POTRETBOGOR.ID – Pemerintah akan memberlakukan kebijakan “one way” atau rekayasa lalu lintas satu arah di Tol Trans Jawa untuk mengatasi kemacetan saat arus mudik Lebaran. Kebijakan ini akan diberlakukan mulai dari tanggal 18 hingga 21 April 2023, dari Km 72 Cikampek hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang.

Selama kebijakan “one way” diberlakukan, kendaraan yang akan masuk Tol Pejagan akan dialihkan lewat pantura ke arah barat. Pintu masuk tol hanya di Brebes Barat dan Brebes Timur, sedangkan arah barat menuju Jakarta akan ditutup selama kebijakan ini diberlakukan.

Jadwal satu arah dimulai pada tanggal 18 April pukul 14.00-24.00 WIB dan pada tanggal 19, 20, dan 21 April dimulai pada pukul 08.00-24.00 WIB. Persiapan telah dilakukan oleh Satlantas Polres Brebes bersama dengan petugas Tol Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas dengan melakukan simulasi di simpang susun Tol Brebes Timur (Brexit), Tol Brebes Barat, dan Tol Pejagan.

Pemberlakuan kebijakan “one way” ini akan dilakukan secara situasional sesuai dengan diskresi kepolisian. Kendaraan yang menuju arah barat, akan dialihkan sepenuhnya melalui jalur pantura. Sterilisasi dilakukan untuk mengamankan normalisasi arus kendaraan selama pemberlakuan ini.

Diharapkan dengan pemberlakuan kebijakan “one way” ini, dapat meminimalisir kemacetan pada saat arus mudik Lebaran dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan para pengguna jalan tol selama perjalanan mereka. Bagi para pengguna jalan, diimbau untuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku dan menjaga keselamatan dan ketertiban selama perjalanan.

Editor: Bck/Alf

You cannot copy content of this page