Rafael Alun: Rekening Diblokir Hingga Dipecat Jadi ASN Kemenkeu

JAKARTA | POTRETNEWS – Ulah Mario Dandy yang kerap pamer kemewahan pun berdampak pada nasib ayahnya, mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo. Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo terhadap David Ozora Latumahina berbuntut panjang.

Rafael Alun diduga memiliki harta fantastis yang tidak sesuai dengan profilnya. Bahkan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir puluhan rekening yang berkaitan dengan ayah Mario Dandy ini karena ditemukan transaksi mencurigakan.

Kepala PPATK Ivan Yustivandana menyebut, puluhan rekening yang diblokir tersebut di antaranya milik istri Rafael, Ernie Meike Torondek dan sang anak Mario Dandy Satriyo.

“Iya RAT (Rafael Alun), keluarga dan semua pihak terkait. Ada beberapa puluh rekening sudah kami blokir,” ujar Ivan dalam keterangannya, Selasa 7 Maret 2023.

Ivan mengatakan, puluhan rekening yang diblokir itu berisi uang senilai Rp500 miliar lebih. Menurut Ivan, pihaknya masih akan menelusuri rekening yang berkaitan dengan Rafael Alun. Maka dari itu, kemungkinan nilai yang akan dibekukan bisa bertambah.

“Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya debit/kredit lebih dari Rp500 miliar, dan kemungkinan akan bertambah,” kata Ivan.

Pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun angkat bicara. Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh mengatakan, pihaknya akan menyerahkan temuan rekening Rafael Alun tersebut kepada lembaga berwenang untuk mengusutnya, seperti KPK.

Sedangkan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu akan bertindak sesuai kewenangan yaitu terkait disiplin pegawai.

“Perlu kami jelaskan bahwa Itjen Kemenkeu kewenangannya adalah bersifat administratif yaitu penegakan disiplin pegawai. Terkait dengan tindak pidana adalah merupakan kewenangan APH (aparat penegak hukum) seperti KPK,” tutur Awan.

Tak hanya itu, Awan juga menegaskan, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap Rafael Alun Trisambodo. Hasilnya, ayah dari Mario Dandy tersebut dipecat secara tidak terhormat.

“Audit investigasi RAT sudah kita selesaikan, terbukti ada pelanggaran disiplin berat. Sekarang dalam proses penjatuhan hukuman disiplin. Yang bersangkutan direkomendasikan dipecat,” tegas Awan.

Berikut sederet fakta terkini mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo yang disorot usai ulah sang anak, Mario Dandy melakukan penganiayaan terhadap David Ozora Latumahina.

Editor: Ab

You cannot copy content of this page