Dinkes : Kabupaten Bogor Peringkat Ke 5 Kasus HIV-AIDS di Jawa Barat

CIBINONG I POTRETKESEHATAN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, mencatat bahwa di wilayah tegar beriman memiliki peringkat ke 5 tingkat Provinsi Jawa Barat, terkait persoalan terjangkitnya penyakit HIV Aids. Hal itu dibenarkan Dr.Agus selaku Sekdis, saat menghadiri Audensi bersama Komisi IV, dan LSM penjara Bogor Raya yang dilaksanakan di ruang serbaguna DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (24/2/2023).

“Wilayah Kabupaten Bogor menjadi peringkat 5 besar terjangkit penyakit HIV AIDS di Jawa Barat,” ucap Agus 

Agus menjelaskan, bahwa kinerja terhadap penemuan kasus HIV AIDS tersebut dinilai baik. Pihaknya mengaku bahwa penyakit HIV sendiri jika diihat data data di atas, kemungkinan bisa terdata, namun belum tentu dibawahnya yang tidak terdata bisa jadi lebih banyak. 

“Kita sampai kedaleman menemukan kasus lebih banyak. Jadi dari sisi jumlahnya meningkat, tetapi sisi kinerja program juga bagus, karena menemukan kasus lebih banyak,” paparnyam

Pihaknya menjabarkan, bahwa data terakhir yang didata oleh Dinas Kesehatan sendiri, untuk penyakit HIV terjangkit positif berjumlah kurang lebih 1.000 orang, dan penderitanya sendiri untuk pengobatannya masih terus berlangsung. 

“kalau kinerja dari Dinkes untuk penanganan HIV ini, yang jelas kami tetap jika memang positif HIV hal pertama adalah pengobatan,” jelasnya.

Sesuai dengan slogan untuk menghindari penyakit HIV, yaitu “Stop HIV”, dan harus aktif terjaring dilapangan serta temukan kasus sebanyak-banyaknya. Karena untuk penyelesaian kasus Penyakit HIV ini, pihak lnya kmrngaku harus multi sektor.

“Jadi tidak bisa bicara ini kinerja Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas-dinas lainnya. Pada intinya harus melibatkan dari jajaran pemerintah daerah, pemerintah kecamatan serta pemerintah desa,” tukasnya.(ran/bc)

Editor : Ab

You cannot copy content of this page