Kepala BMKG Bandung : 10 Kali Gempa Bumi Guncang Jawa Barat Dalam Sepekan

BANDUNG | POTRET NEWS -BMKG, Stasiun Geofisika Bandung mencatat 10 kali gempa bumi telah mengguncang wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Periode waktu gempa yang terjadi terhitung 03 – 09 Februari 2023.

Terdapat 6 kejadian gempa bumi yang berpusat di laut, sedangkan 4 kejadian gempabumi di darat. Kedalaman gempabumi yang terjadi bervariasi pada rentang 7 hingga 149 km.

Kepala BMKG Klas I Bandung Teguh Rahayu Magnitudo mengatakan gempa bumi selama periode waktu tersebut bervariasi mulai dari M1.8 hingga M3.7 Magnitudo gempa bumi yang terbesar terjadi pada tanggal 04 Februari 2023 pukul 05.21 waktu setempat. 

“Episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 6.55 LS dan 106.58 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 24 Km BaratLaut Kota Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 149 km,”kata Teguh Rahayu kepada wartawan.

Teguh mengatakan berdasarkan data kejadian gempa bumi yang diperoleh, tidak ada kejadian gempa bumi dirasakan dalam periode waktu tersebut.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

“Serta menghindari bangunan-bangunan retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.”ungkapnya. 

You cannot copy content of this page