Jalur Wisata Puncak Bogor Ditutup Petang Ini Selama 12 Jam

Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, akan ditutup jelang pergantian tahun baru 2023. Penutupan ini akan dimulai Sabtu (31/12/2022) petang sekitar pukul 18.00 WIB hingga Minggu (1/1/2023) pukul 06.00 WIB.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, langkah tersebut diambil agar arus lalu lintas lancar seiring adanya car free night pada malam pergantian tahun baru.

“Penutupan untuk mobil saja. Karena kita penutupan dari pintu tol. Jadi dari Polingga 1 pintu tol itu sampai dengan jalur puncak tidak bisa naik (masuk) pada jam 6 sore ini,” kata Dicky di Posyan Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu.

Rencana penutupan itu akan dilakukan di Jalur Puncak sepanjang 21 kilometer dan berlaku selama 12 jam. Dicky menyebut, petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP maupun Dishub Kabupaten Bogor bakal melakukan pengamanan sekaligus membuat rekayasa lalu lintas di jalur tersebut. “Kita tujuannya di sini adalah bukan melarang orang masuk tapi melakukan pembatasan. Mengatur arus masuknya agar tercipta kelancaran dalam perjalanan saat car free night,” ujarnya.

Nantinya, bagi pengendara yang hendak melintasi ruas jalan utama itu akan dialihkan ke jalan alternatif di sekitar kawasan tersebut. Bagi masyarakat yang ingin ke Cianjur dan Bandung via Puncak dapat mengambil jalur Jonggol maupun via Sukabumi. Dicky mengungkapkan, untuk jalur alternatif lainnya ada dua sisi di Jalur Puncak. Di sebelah kiri, dapat melalui simpang bendungan dan jalur belakang juga ada melalui wilayah Sentul. “Untuk semua jalur alternatif itu kita persilakan. Jadi yang penting jalur utama ditutup untuk mobil sehingga tidak dapat memasuki kawasan Puncak. Silakan, masyarakat dapat mengatur waktu perjalanannya untuk menghindari jam (penutupan) tersebut,” pungkasnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page