Plt Bupati Bogor Minta Panitia Pilkades Teliti Soal Ijazah Balon

Foto Persiapan Pilkades Karanggan Kec.gunung Putri

CIBINONG I POTRETPILKADES –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, bakal dilaksanakan pada Maret 2023 mendatang. Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta kepada seluruh panitia agar bekerja dengan teliti dalam hal memverifikasi administrasi bakal calon kepala desa tersebut.

“Yang pertama tertib administrasi, dan harus teliti, ditelusuri ijazahnya, di mana lulusnya, panitia jangan lengah, agar dikemudian hari tidak menjadi kontroversi sekaligus menimbulkan permasalahan,” ungkap Iwan Setiawan kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Dirinya juga meminta partisipasi dari masyarakat dalam mengawasi jalannya pemilu di tingkat paling bawah itu agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah tuduhan atau sangkaan adanya kecurangan dalam pelaksanaannya.

“Pengawasan pilkades itu sudah ada aturannya di Peraturan Bupati atau Perbup, namun bukan lembaga yang dibentuk. Kalau memang ketahuan dan terlaporkan, tentu saja bisa diusut, misalkan praktik money politik, di dalam Perbup itu jelas tidak boleh,”urai Iwan yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor ini.

Persiapan demi persiapan sudah mulai dilakukan salah satunya menyiapkan panitia pilkades baik di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten agar terlaksananya pilkades yang jujur, adil dan aman. 

“Pilkades serentak ini nantinya diikut sebanyak 36 Desa yang ada di 26 Kecamatan di Kabupaten Bogor,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengemukakan, saat ini tahapan pemilihan sudah masuk dalam pendaftaran kedua bakal calon dan verifikasi pemberkasan.

“Per hari ini, sudah ada 150 bakal calon kepala desa yang telah mengambil berkas pendaftaran yang beberapa di antaranya sudah kembali mengumpulkan ke panitia, “ terangnya.

Kabupaten Bogor sendiri menetapkan sebanyak 636 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 36 desa, dengan hak pilih di atas 312 ribu dan satu TPS untuk 500 hak pilih.

“Untuk penetapan bakal calon sendiri akan diumumkan pada Januari 2023 dan pencoblosan dilakukan pada 12 Maret 2023,” pungkasnya.(hrb/b)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page