Warga Sukamakmur Dambakan Rumah Sakit Besar

SUKAMAKMUR I POTRETKESEHATAN– Warga di Kecamatan Sukamakmur sejak lama memimpikam adanya gedung Rumah Sakit (RS) besar yang beroperasi 24 jam. Aspirasi ini muncul, karena sejauh ini belum adanya ketersediaan fasilitas penunjang kesehatan maksimal di wilayahnya.

“Saat ini, masyarakat yang hendak berobat hanya mengaandalkan Puskesmas yang fasilitasnya tak selengkap Rumah Sakit,” kata Topan (40) warga Desa Sukawangi, saat ditemui Potret Bogor, Selasa (27/12/2022).

Warga lainnya, Candra (40) warga Cibadak mengeluhkan hal serupa, selama ini warga di Kecamatan Sukamakmur hanya mengandalkan Puskesmas ketika hendak membutuhkan penanganan medis atau perawatan lanjut.

“Cuma puskesmas andalannya. Kalaupun ingin ke RS, itu harus ke wilayah kecamatan tetangga, yakni ke RSUD Cibinong dan juga RSUD Cileungsi yang kondisinya cukup jauh,” ujarnya.

Pernyataan serupa, dikatakan Dede selaku pejabat Desa Sukamakmur. Menurutnya, wilayah Kecamatan Sukamakmur memang mendambakan adanyanya Rumah Sakit 24 jam. Hal itu, guna menunjang fasilitas kesehatan warganya yang dinilai maksimal.

“Disini selain puskesmas juga ada klinik dokter dan bidan. Namun masih terbatas, dan belum adanya fasikitas Instalasi Gawat Darurat (IGD),” katanya.

lanjut Dede, pihaknya mengaku, sebagai pihak desa tentunya selalu siap melayani warganya.

“Disini, saat ada warga yang kritis menggunakan mobil siaga desa, kami mengantarkan ke RSUD Cileungsi maupun RS lainnya di wilayah Citeureup dan Cibinong,” jelasnya.

Oleh karenanya, pihak desa juga kerap menekankan kepada masyarakat, untuk selalu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 “Selalu disosialisasikan tiap RT RW,” singkatnya.

Sementara itu, peralihan musim membuat membuat beberapa Puskesmas ramai dikunjungi warga yang hendak berobat. Dimana warga yang berobat, cukup membludak. Namun demikan, pihak Puskesmas setempat, menghimbau agar tetap menjaga PHBS.

“Peralihan musim, biasanya warga yang daya tahan tubuhnya rendah, rentan terserang penyakit. Oleh karenanya, pola hidup sehat sangat penting diterapkan di wilayah masing-masing,” jelas dr.Silvia selaku Kepala Puskesmas Sukadamai.  (b)

EDITOR : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page