Bazar UMKM di Alun-alun Brebes, Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Warga

BREBES I POTRETDAERAH-Melalui kegiatan dibukanya Pasar Malam atau Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang digelar di Alun-Alun Kota Brebes, menjadikan momentum pemulihan ekonomi bagi pelaku usaha warga sekitar. Gebyar UMKM dan Geliat pemulihan ekonomi daerah ini, dibuka secara resmi oleh Pembina UMKM Brebes, bermartabat Azmi A Majid.

Gelaran ajang pelaku ekonomi dalam wadah Pasar Malam yang  menghadirkan pelaku ekonomi kreatif, kuliner dan kerajinan ini, digelar sejak 21 Desember hingga 25 Desember 2022.

“Acara pasar malam ini dimaksud, untuk mengeliatkan pelaku usaha menuju pemulian ekonomi,” ucap Inisiator Kegiatan Pasar Malam, Ahmad Jajuli, kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).

Ahmad Jazuli yang juga selaku ketua Paguyuban PKL Pendopo Sejahtera Kabupaten Brebes, menjelaskan dengan adanya festival kuliner di Alun-alun Brebes, bisa untuk mengawali pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, khususnya Masgusti yang selama ini terus membantu PKL alun alun Brebes hingga bisa di adakan acara pasar malam,” jelasnya.

Gelaran pasar malam ini, lanjut dia, merupakan momentum meningkatkan kembali perokonomian masyarakat yang sebelumnya sempat terpuruk akibat pandemi covid 19 yang pernah melanda.

“Tujuan lainnya juga untuk menjalin silaturahmi para pelaku ekonomi kreatif,” tukasnya.

Sementara itu, Azmi A Majid selaku pembina UMKM Brebes Bermartabat dalam keterangannya menyebut, Covid 19 telah membawa banyak perubahan dari berbagai macam aspek berdampak terhadap kelangsungan, baik usaha mikro, kecil, maupun menengah (UMKM).

“Dampak dari sulitnya berusaha mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa di rumahkan,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, disaat masa pandemi terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Pelaku UMKM pasti kesulitan dalam mencapai target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu. 

“Jadi, agar dapat bertahan dan berkembang dan mampu menghadapi kondisi new normal, pelaku UMKM harus pintar- pintar melakukan terobosan,” kata Azmi.

Ditambahkanya, usaha Mikro merupakan urat nadi perekonomian, karenanya, UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama dalam kegiatan ekonomi.

“Contohnya seperti penyedia lapangan kerja, pemain penting dalam pengembangan perekonomian, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta kontribusinya terhadap neraca pembayaran,” jelasnya 

UMKM ini, juga memiliki peran penting khususnya dalam perspektif kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi kelompok miskin, distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan, serta UMKM juga berperan dalam pembangunan ekonomi pedesaan.

“Poin pentingnya, gelaran giat Geliat Pemulihan Ekonomi Kabupaten Brebes yang dibuka 21 sampai 25 Desember 2022 di Alun-Alun Brebes ini, sudah sangat tepat sebagai pemantik giat serupa di kemudian hari,” tutupnya.(Ab)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page