Tiga Desa di Kecamatan Jonggol Ikut Pilkades Serentak 2023

Panitia Pilkades Sukajaya Kec.Jonggol

JONGGOL I POTRETDESA-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang ada di Kabupaten Bogor, akan berlangsung pada Maret 2023 mendatang. Hal itu seperti yang terjadi  Kecamatan Jonggol, saat ini sudah memasuki proses pendaftaran bakal calon (Balon) yang dimulai pada 9 Desember -17 Desember 2022.

Pantauan di lapangan, pihak Panitia Pilkades yang ada di beberapa desa sudah mensosialisasikan melalui pemasangan spanduk baliho pendaftaran Bakal Calon (Balon) kades yang dibuka untuk umum, dengan waktu pendaftaran dibuka mulai 9 hingga 17 Desember 2022, dengan batasan waktu pukul 24.00 WIB. Sedangkan jadwal pelaksanaan pilkades tersebut, tertulis pada Minggu 12 Maret 2023 mendatang.

“Yah, panitia Pilkades sudah mensosialisasikan pendaftarannya melalui spanduk yang terpampang di beberapa Kantor Desa dan Kantor Sekertariat Pilkades yang ada di Tiga desa,” ucap Sekcam Jonggol, Gogo Badarudin, usai dihubungi Potret Bogor, Selasa (13/12/2022).

Gogo menjelaskan, proses menuju Pilkades serentak sudah mulai berjalan. Adapun tahapan saat ini, diakuinya sudah masuk terhadap pendaftaran bagi para balon yang ada di Tiga desa, yanh diantaranya Desa Sukajaya, Desa Cibodas dan Desa Sukagalih.

“Pendaftaran bakal calon mulai tnggal 9 hinggan 17 Desember mendatang atau delapan hari, dan saat ini sudah masuk tahap pendaftaran balon kades yang ada di tiga desa,” jelasnya.

Salahsatu Anggota Panitia Pilkades Sukajaya, Rahmat Hidayat menjelaskan terkait rencana pilkades di desanya diakuinya sudah masuk tahap pendaftaran balon. Menurutnya, adapun balon yang sudah mendaftar hingga saat ini, sebanyak tiga orang yang merupakan warga desa setempat.

“Sudah ada tiga orang yang daftar pak, diantaranya ada yang dari Sekdes, dan Kadus. Sementara untuk incimbent Kepala Desa, saat ini belum mendaftar,” tukasnya.

Dia membeberkan, adapun kriteria persyaratan bagi Balon kades, diantaranya minimal berijazah SMP, tidak tersandung hukum, warga Indonesia, memiliki surat pernyataan taat hukum dan berpegang teguh pada Undang-Undang.

“Untuk pelaksanannya, nanti akan tersebar di 10 TPS yang ada di lima Daerah Pemilihan setiap RW, yakni Dapil 1 berada di RW 02 sebanyak 3 TPS, Dapil 2 di RW 01 sebanyak 2 TPs, Dapil 3 di RW 05 sebanyak 1 TPS, Dapil 4 di RW 03 sebanyak 2 TPS, dan Dapil 5 di RW 04 sebanyak 2 TPS,” jelasnya.

Sementara untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) selaku hal pilik, pihaknya belum bisa memberikan data tersebut, dan masih menunggu adanya verifikasi data dari para balon yang sudah mebdaftar.

“Penetapan DPTnya setelah ada verifikasi data balon. Kami berharap, pilkades nanti brrjalan sukses tanpa ekses,” tutupnya.(pb/Ab)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page