Aktivis Bogor Timur Sambut Baik Adanya Universitas Veteran di Tanjungsari

TANJUNGSARI I POTRETPENDIDIKAN– Rencana pemindahan Kampus Gedung Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta ke Wilayah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, disambut baik kalangan masyarakat hingga aktivis. Salahsatunya, Romi Sikumbang yang mengaku menyambut baik adanya rencana tersebut.

Menurutnya, pemindahan gedung Kampus UPN Veteran yang saat ini tengah diperjuangkan salahsatu Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Beben Suhendar, hingga kini sudah mendekati titik terang. Karena diakui sebelumnya, UPN Veteran tersebut sudah on progres dan menunggu hasil kesepakatan antara rektor dengan Plt Bupati Bogor.

“Kami mewakili aktivis, tentunya sangat menyambut baik dan mengapresiasi rencana tersebut yang sebelumnya dikawal pak Beben selaku anggota Dewan dari Bogor Timur,” ucap Romi kepada potretbogor.id, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya, hadirnya UPN veteran ini, selain menjadikan Wilayah Tanjungsari sebagai kota pendidikan sesuai target Anggota Dewan Beben Suhendar, tentunya menjadikan wilayah tersebut dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik taraf bidang pendidikan, maupun meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Jika sudah adanya kampus perguruan tinggi ini, SDM masyarakat sekitar tentunya akan meningkat, serta memberikan peluang ekonomi bagi warga yang hendak membuka usahanya,” jelas Romi yang juga Ketua Jurnalis dan Aktivis (JAS ) Bogor Timur.

Romi berharap, Pemkab Bogor segera merealisasikan rencana yang sebelumnya diperjuangkan anggota dewan tersebut, untuk segera menjadi kenyataan. Selain itu, pembenahan infrastruktur wilayahnya juga harus dipersiapkan.

“Semoga Bupati dapat segera merealisasikannya, dan tentunya pembenahan infrastrutur pun, nantinya dapat juga diperhatikan dalam menyambut pemekaran DOB Kabupaten Bogor Timur,” tukasnya.

Senada, Tokoh Masyarakat Bogor Timur, H.Mohamad Yani, juga mengaku turut mendukung rencana tersebut. Namun pihaknya mengaku dengan catatan, lokasinya harus terintegrasi sesuai dengan rencana ibu kota di wilayah DOB tersebut.

“Kalau memang benar, kita sangat mendukung. Tapi dengan catatan, kalau bisa tidak juga harus di Kecamatan Tanjungsari yang lokasinya di penghujung wilayah Botim. Kalau bisa  di Jonggol  atau Cariu, mungkin itu lebih strategis lokasinya,” jelasnya.

Dilain tempat, Tokoh Pemuda Cariu sekaligus Ketua Karang Taruna, M.Kadir juga turut mendukuh langkah rencana tersebut. Menurutnya, ada dua hal yang pihaknya turut memberikan masukan bahwa selaku nasyarakat, dirinya sangat mendukuh positif rencana tersebut.

“Dukungan kami melihat dari indek IPM yang belum merata. Jadi dengan adanya rencana kampus tersebut dapat melahirkan kaum intelektual dan pemerintah juga harus menasyikan untuk mendukung sepenuhnya, serta tidak hanya berupa pemberi harapan palsu,” jelas Kadir.

Kadir meminta agar pemerintah Kabupaten Bogor, juga turut mengimbangi keberadaan perguruan tinggi tersebut, dengan dibarengi infrastruktur yang memadai. Sehingga, akses masyarakatpun juga dapat menjadi lancar kedepannya. 

“Infrastruktur dan suprastruktur juga harus menjadi poin penting terkait rencana tersebut. Sehingga pembangunanya bisa terealisasi,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Dapil Dua Kabupaten Bogor, Beben Suhendar menyatakan jika persoalan rencana pemindahan gedung kampuns UPN Veteran Jakarta ke Tanjungsari tersebut, On Progres dan menunggu hasil pertemuan antara rektor dengan Plt Bupqti Bogor.

“On proges, dan nanti kalau sudah petemuan antara rektor PPN dengan Plt Bupati, saya informasikan,” paparnya.

Seperti diketahui, sebelumnya rencananya UPN Veteran akan membangun gedung di Kecamatan Tanjungsari dengan luas tanah 30 hektare. Saat ini pihak universitas, tengah berupaya mengurus terkait perizinan lahan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Namun demikian, perijinan tersendat alias belum adanya persetujuan dengan alasan tata ruang, yaitu lokasi lahan merupakan lahan basah. (AB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page