Pemdes Sukawangi Percantik Jalan Desa Dari Samisade 2022

SUKAMAKMUR I POTRETDESA-Pemerintah Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur,  memprioritaskan pembangunan jalan desa yang menggunakan anggaran satu milyar satu desa (samisade), sebanyak Dua titik. Pembangunan tersebut, sempat ditandai dengan launching bersama pihak kecamatan pada 29 Oktober lalu, dan hingga kini sudah mendekati finishing. 

Pembangunan jalan desa di Dua titik itu, berada di Kampung Sukahurip RT 07 RW 02, dengan volume Panjang 1 Kilo Meter, Lebar 3 Meter, dan Tinggi 0, 15 Centi Meter. Untuk nominal anggarannya sebesar Rp.596.178.000,-, serta Jalan Desa di Kampung Cinangsih RT 05 RW 06 dengan volume Panjang 676 Meter, Lebar 3 meter dan Tinggi 0, 15 Centi Meter, dengan nominal Anggaran Rp.403.822.000,-

“Benar kami sedang merealisasikan pembangunan jalan desa yang ada di Dua titik dari program Samisade TA 2022 ini,” kata Kades Sukawangi, Budiyanto, kepada Potret Bogor, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, pembangunan jalan desa ini merupakan hasil kesepakat bersama masyarakat dan pemerintah desa, setelah sebelumnya melalui musyawarah tingkat dusun hingga tingkat desa. Selain itu, pembangunan jalan desa ini, tentunya lebih mengedepankan padat karya, dengan mempekerjakan seratus persennya dari masyarakat setempat. 

“Dibangunnya infrastruktur jalan desa di wilayah kami, dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, terutama bagi para petani. Sehingga bisa meningkatkan sektor pertanian dan meningkatkan ekonomi warga,” jelasnya.

Ia menyebutkan program Samisade tersebut sangat membantu perekonomian masyarakat. Mengingat masih banyak Insfratruktur yang tertinggal oleh dana desa, dan akhirnya bisa terbantu oleh Program Samisade dari Pemkab Bogor ini.

“Dari adanya program Samisade ini, kita bisa mempercepat pembangunan di Desa sendiri,” ucapnya.

Dia pun berterima kasih Pemda Kabupaten Bogor, yang mana Program Samisade tersebut telah memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakatnya, terutama memperlancar perputaran ekonomi.

“Alhamdulillah, masyarakat juga tau bahwa program Samisade ini baru ada di Kabupaten Bogor. Manfaatnyapun memang sangat dirasakan warga kami,” paparnya 

Sementara itu, Rosidin (40) warga sekitar mengatakan, dengan pembangunan jalan tersebut, ia merasa senang dan bahagia mengingat jalan yang sebelumnya rusak parah akan dilakukan perbaikan guna kelancaran bersama.

“Sangat terbantu sekali jalan desa kami sudah dapat diperbaiki. Tetimakadih untuk Pemdes Sukawangi dan Pemda Bogor,” pungkasnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page