Tindak PT.Dasomi Jaya Abadi, Pol PP Kabupaten Tunggu DPKPP

BABAKAN MADANG I POTRETHUKUM-Menyikapi persoalan keberadaan PT.Dasomi Jaya Abadi di Jalan Pasir Maung RT 03 RW 05 Kecamatan Babakan Madang, yang dinyatakan belum nemiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh pihak Pengawas Bangunan. Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Kabupaten Bogor, Wawan mengaku akan menunggu pelimpahan DPKPP.

“Nanti kami tunggu limpahannya dari DPKPP sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” ucap Wawan, dihubungi Potret Bogor, Minggu (19/11/2022).

Dia menjelaskan, proses keterkaitan penindakan bangunan yang tak berizin, merupakan kewenangan DPKPP sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nya. Karenanya, setiap intansi di SKPD terkait memiliki kewenangan tersendiri.

“Tetap kita akan tindak, tapi setelah DPKPP limpahkan ke kami. Karena sesuai tupoksinya tentang bangunan di SKPD terkait,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan akan menjadikan persoalan tersebut sebagai bahan penegakan aturan daerah (Perda) bagi Satpol PP Kabupaten Bogor.

 “Ini juga akan menjadi bahan masukan kami untuk penegakan,” tegasnya.

Aktivis Bogor Raya, Sandi Ilham turut menyoroti atas persoalan ini. Menurutnya, perusahaan yang sudah berdiri dan beroperasi sejak 2010 lalu dengan tanpa IMB, hal itu menjadi pertanyaan serius bagi kinerja di jajaran intansi pemerintahan yang ada.

“Dari 2010 sudah berdiri dan beroperasi, bahkan sampai sekarang tanpa IMB karena teganjal pelanggaran GSS dan GSJ. Nah, pertanyaan kami kemana intansi pemerintah yang berwenang selama ini,” jelas Sandi.

Sandi menegaskan jika pihak perusahaan yang melanggar, agar dinas terkait selaku pemilik kebijakan untuk bertindak sesuai aturan dan kewenangan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksinya).

“Kalau sudah jelas adanya pelanggaran, maka dinas terkait harus bertindak. Menegur, memberikan sanksi sesuai aturan yang ada. Seperti juga Satpol PP selaku penegak Peraturan Daerah (Perda) juga bisa menutup dan menyegelnya,” tukasnya.

Sementara itu, sederet pejabat Pemda Bogor selaku pemangku kebijakan, mulai dari pihak Pengawas Bangunan Wilayah Kecamatan Babakan Madang, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor, terkesan tak mau berkomentar setelah dikonfirmasi persoalan ini.

Sebagai informasi, PT.Dasomi Jaya Abadi sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Garmen yang terletak di Jalan Pasir Maung Kecamatan Babakan Madang, disebut-sebut belum memilik Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal itu lantaran IMB yang dimohon pihak perusahaan yang berdiri sejak 2010 lalu, tidak bisa keluar akibat adanya pelanggaran Garis Sepandan Jalan (GSJ) dan Garis Sempandan Sungai (GSS).(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page