Launching Samisade 2022, Pemdes Cikeas Prioritaskan Jalan Desa dan TPT

Simbolis tanda pembangunan jalan desa dari program Samisade 2022 yang dilakukan, Kades, Camat, kapolsek dan Danramil, Rabu (16/11/2022)

SUKARAJA I POTRETDESA-Ditandai giat Launching Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) Tahun Anggaran (TA) 2022, sebagai program unggulan Pemkab Bogor dalam membangun Infrastruktur di desa-desa. Pemerintah Desa Cikeas Kecamatan Sukaraja, memanfaatkan program tersebut dengan segera membangun Jalan Desa hingga Tembok Penahan Tanah (TPT).

Kegiatan launching juga diawali dengan potong tumpeng, sebagai ucapan rasa  syukur atas adanya pembangunan yang kemudian dilanjut dengan simbolis tanda awal pembangunan oleh Camat, Kapolsek, Kades dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Cikeas, Ervan menjelaskan pemanfaatan program Samisade, dilakukan dengan merealisasikan pembangunan Jalan Desa di Satu titik, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang ada di Dua titik lokasi.

“Kami manfaatnakan program Samisade tahun ini untuk bangun Jalan Desa dan TPT,” ucap Ervan, Rabu (16/11/2022).

Pihaknya memaparkan, untuk pembanguanan TPT berada di Kampung Sujaraja RT 01 RW 05, dengan volume P.40 M x T.5, 0 M dan besaran anggaran Rp.231.150.000,-. Sementara untuk lainnya, berada di Kampung Cikeas RT 02 RW 02 P.35 M x T.5,0 anggaran Rp.201.100.000,-

Sedabgkan untuk reakisasi pada pembangunan Jalan Desa, berada di Kampung Babakan RT 05 RW 04 volume P.464 M x L.4 M x T.0,20 M, nggaran Rp.531.213.000,- plus pajak.

“Pembangunan tersebut, tentunya hasil musyawarah bersama masyarakat melalui Musyawarah Dusun (Musdus) mapun Musyawarah Desa (Musdes),” jelas Ervan.

Lanjut Ervan,  adanya program ini pihaknya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Bogor, atas terlaksananya pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah desanya.

“Alhamdulillah atas program ini. Kami akan memaksimalkan kualitasnya,” jelasnya.

Pada pelaksanannya, kata Ervan untuk pembangunan Jalan Desa, nantinya akan  ditutup total selama Tiga minggu kedepan, dan dialihkan untuk pintu utama telaga cikeas. Serta untuk anak-anak sekolah di SMP 1 dan SMA 1, parkir motor dialihkan ke Puskesmas, Lapangan Tumas dan Kantor Desa.

“Kami menghimbau, agar hasil dalam pembangunan tersebut, masyarakat mau bersama-sama merawat dan menjaganya untuk kepentingan umum,” tukasnya.

Sementara itu, Udin (40) salahsatu warga setempat, menyambut dengan antusias atas adanya program tersebut untuk pembangunan jalan desa di wilayahnya.

“Mewakili warga di Kampung Cikeqs, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bupati maupun pihak desa. Dengan jalan bagus ini, tentunya dapat memudahkan kelancaran warga dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya,” ujarnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page