Samisade Tahap 1, Pemdes Citaringgul Prioritaskan Pembangunan TPT 

Peletakan batu pertama oleh Kades Citaringgul, R.Fredy sebagai tanda dimulainya pembangunan Samisade 2022

BABAKAN MADANG I POTRETBOGOR.ID-Pemerintah Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang, mengambil langkah cepat dengan merealisasikan bantuan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) Tahun Anggaran (TA) 2022 Tahap 1, untuk pelaksanaan pembangunan desa Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tembok Penahan Tanah (TPT). 

Adapun pemanfaatan Samisade 2022 Tahap 1 yang diprioritaskan untuk Pembangunan TPT tersebut, berada di Kampung Pasir Maung RT 03 RW dengan Volume P.200 M X L.0,65 M X T.2,50 M dengan nomila anggaran senilai Rp.600.000,00,- . Pembangunan TPT ini, dilakukan berdasarkan aspirasi masyarakat yang kerap mengeluhkan  banjir saat hujan tiba.

“Untuk pemanfaatannya, kami prioritaskan untuk pembangunan TPT Kali Citaringgul di Kampung Pasirmaung RT 03 RW 04. Ini dilakukan guna mengantisipasi banjir yang kerap dikeluhkan masyarakat saat hujan,” kata Kades Citaringgul, R.Fredy , usai melaksanakan Launching program Samisade ini, kepada potret bogor, Kamis (3/11/2022).

Dalam pengerjaannya, kata Fredy, melibatkan masyarakat setempat dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Hal ini untuk mempererat kebersamaan dan silaturahmi antar warga dan pemerintah desa.

“Sengaja saya mengajak masyarakat untuk bergotong royong. Mari kita tingkatkan kebersamaan untuk membangun Desa Citaringgul,” tukasnya 

Senada, Sekdes Citaringgul Ayi Sofyan Iskandar menerangkan, sasaran program Samisade yang dikerjakan saat ini merupakan hasil kesepakatan Bersama antara pemerintah desa, BPD, LPM, dan unsur masyarakat, yang dilakukan melalui Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes).

“Pembangunan TPT yang sedang dikerjakan ini, bertujuan untuk memperlancar saluran air kali untuk menghidari banjir dimusim hujan. Lokasinya ditinggikan dari sebelumnya,”, ujarnya.

Ayi memaparkan, pihaknya juga merasa sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini. Yang pada hari ini Pemdes Citaringgul bersama camat, melaksanakan launching pembangunan Tembok Penahan Tanah lewat program unggulan Bupati Bogor, yakni Samisade.

“Saya atas pemerintah desa, kami mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Bupati Bogor yang telah mengucurkan dana Samisade, sehingga pembangunan TPT ini bisa terlaksana,” terangnya.

Camat Babakan Madang, menghimbau agar pembangunan dilaksanakan sesuai RAB, memperhatikan kualitas dan kuantitasnya.

“Saya pesan agar kualitas dan kuantitas pembangunanya diutamakan. Selain itu, masyarakat juga harus bersama-sama mendukung adanya program ini, dengan merawat dan menjaganya,” ucapnya.(Fal/b)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page