Samisade 2022, Pemdes Sukahati Gercep Bangun Jalan Desa dan SAB

CITEUREUP I POTRETDESA-Ditandai Launching yang dihidiri Pihak Kecamatan setempat, Pemerintah Desa Sukahati Kecamatan Citeureup, gerak cepat memanfaatkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) sebagai bantuan infrastruktur desa. Bantuan dimanfaatkan untuk pembangunan Jalan Desa atau jalan poros penghubung Dua Desa, dan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB).

Dari kegiatan yang ditandai Launching ini, pihak desapun bersama Pemerintah Kecamatan, pendamping desa, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, melaksanakan doa bersama, serta membuat nasi tumpeng sebagai bentuk rasa syukurnya atas adanya program yang dapat membangun infrastruktur di wilayah desanya.

Kepala Desa Sukahati, Endang Gunawan menerangkan, pembangunan Jalan Desa dan SAB, merupakan bentuk prioritas bagi masyarakatnya, setelah sebelumnya melalui Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes). Pembangunan tersebut sangatlah dibutuhkan masyarakat, guna kelancaran aktivitas.

Simbolisi tanda pembangunan yang dilakukan oleh Kades Sukahati, H.Endang Gunawan

“Alhamdulillah, hari ini Desa Sukahati melakukan Lauching pembangunan dari program Samisade, yang direalisasikan untuk Jalan Desa atau jalan poros penghubung antar Desa Sukahati dengan Desa Hambalang dan pembangunan SAB,” ucap H. Endang, kepada wartawan, Rabu (2/11/2022(.

H.Endang menjelaskan, untuk pembangunan Jalan Desa ini, berada satu titik yang ada di Kampung malimping RT 01 RW 06. Sedangkan pembangunan SAB, berada di dua titik yang ada di Di Kampung Singkup RT 03 RW 04, dan Kampung Tegal Jambu RT 02 RW 05. Terkait realisasinya, dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan Masyarakat melalui padat karya.

“Realisasi pembangunan betonisasi jalan desa di Kampung Malingping RT 001 RW 006, untuk Volumenya P. 235 M x L. 2 M x T.0,15 M, dengan nominal anggaran Rp. Rp.300.000.000,-plus pajak,” jelasnya.

Sedangkan realisasi pembangunan SAB, berada di Dua titik, yang terletak di Kampung Singkup RT 003 RW 004, dengan volume 1 Unit Dimensi: P. 2 M x L. 2 M x T. 6 M, dan titik yang ke dua ini berada di Kampung Tegal Jambu RT 002 RW 005, Volume : 1 Unit Dimensi: P. 2 M x L. 2 M x T. 6 M. Adapun besar nomilan anggarannya dengan masing-masing Rp 350.000.000,- plus pajak.

“Diharapkan dengan adanya pembangunan tersebut, baik untuk jalan desa, tentunya mampu mendongkark roda perekonomian warga serta kelancaran aktivitasnya. Sedangkan pembangunan SAB,  tentunya juga untuk kepentingan masyarakat dalam kelancaran kepentingan warga dalam membutuhkan air bersih. Sekali lagi, semoga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukahati,” tutupnya.

Terpisah, Antoni selaku Sekdes Sukahati, menjelaskan jika program Samisade yang diluncurkan Pemkab Bogor yakni, bantuan pembangunan infrastuktur bagi desa-desa memiliki manfaat yang luar biasa. Menurutnya, Infrastruktur menjadi modal penting demi mendongkrak ekonomi di satu wilayah.

“Melalui Samisade, wilayah bisa merealisasikan terwujudnya infrastruktur. Sebagai contoh akses-akses jalan yang krusial menuju perkampungan, dengan adanya program Samisade, fasilitas insfrastruktur guna menunjang ekonomi masyarakat ini bisa terpenuhi. Jadi, dengan program ini manfaatnya sangat banyak,” jelas Antoni.

Pihaknya menjabarkan, jika pembangunan infrastruktur seperti betonisasi Jalan Desa, dan SAB yang ada di desanya, memang sangat diharapkan warga masyarakat. Karenanya, dirinya berharap masyarakat turut mengambil peranan dalam menjaga dan merawat hasil dari pembangunan tersebut.

“Dengan adanya bantuan Samisade ini, kami selaku Pemerintah Desa Sukahati tak lupa juga mengungkapkan terimakasih kepada Pemkab Bogor, yang sudah mengucurkan anggaran bantuan ini. Sehingga, pembangunan infrastruktur di wilayah desa kami bisa terus berkelanjutan,” tukasnya.

Tokoh Pemuda Kampung Malimping Desa Sukahati, Ifsir (35) mengaku mendukung langkah pemerintah dalam mensejahterakan warganya, terutama pada bidang infrastruktur di wilayah desanya dari program Samisade tersebut.

“Ini sangat membantu, dengan adanya pembangunan jalan poros pengubung antar desa ini, masyarakat tidak lagi repot-repot melewati jalan yang rusak,” kata Ifsir.

Selain itu, jalan desa yang merupakan akses vital warga di Kampung Malimping yang merupakan kampung penghujung desa ini, juga merupakan alternatif warga setempat yang tentunya dapat menuju desa tetangga, seperti Desa Hambalang maupun Desa Tajur.

“Dulu sebelum ada Jalan Alternatif Sukahati-Hambalang, warga harus menuju jalan di perkampungan lainnya. Nah, sejak ada jalan alternatif itu, warga berinisaitif membuat jalan alternatif tersebut. Dan saat ini, Alhamdulillah pihak desa membangun jalan ini, dan tentunya sangat membantu kelancaran warga disini,” ujarnya.

Hal senada, warga lainnya, Andri (40) mengucapkan terima kasihnya kepada Pemda Bogor dan khususnya kepada Pemerintah Desa Sukahati, atas terlaksananya pembangunan jalan desa dan SAB di wilayah desanya.

“Alhamdulillah saya merasa bangga, karena Jalan Desa dan lagi ada pembangunan SAB ini, sekarang akhirnya dapat dibangun. Semoga ini bisa bermanfaat untuk semua,” pungkasnya. (Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page