Musrenbangdes 2023, Pemdes Cileungsi Kidul Tuangkan Aspirasi Warga

CILEUNGSI I POTRETBOGOR.ID- Sebagai upaya menyerap aspirasi warganya, Pemerintah Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, mengajukan beberapa usulan kegiatan pembangunan di wilayah desanya. Aspirasi warga tersebut, dituangkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk Tahun Anggaran (TA) 2023.

Hadir dalam Musrembangdes ini, Kepala Desa Cileungsi Kidul, Sekretaris Desa, Kasi, Staf Desa, Ketua BPD, Ketua Karang Taruna seluruh lembaga Desa, Pedamping Desa, DPMD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, yang mengikuti kegiatan tersebut di Aula Kantor Desa setempat.

“Kegiatan Musrenbangdes ini, dalam rangka menyerap usulan dari warga yang telah di susun oleh pihak desa. Adapun usulan yang dituangkannya, baik pembangunan infrastruktur maupun yang lainnya yang menjadi prioritas,” kata Kades Cileungsi Kidul, Rudi, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, pemerintah desa akan membantu, baik usulan dari pemuda, tokoh agama dan unsur lainnya. Selain itu, Musrembangdes ini sekaligus evaluasi kegiatan desa yang sudah di laksanakan pada tahun 2021 hingga 2022 ini. 

“Kita juga menampilkan sleding secara layar pencapaian yang dicapai oleh desa. Bahkan, kita juga mendapatkan penghargaan baik itu dari kabupaten, mau pun kecamatan agar lembaga desa juga mengetahuinya,” paparnya.

Ditahun 2023 nanti, lanjutnya menjelaskan, sesuai dengan janji politiknya, yang pertama akan menganggarkan Mobil Ambulance Desa, kemudian juga memprioritaskan pembangunan drainase di lingkungan RT 01 RW 01,  karena wilayah tersebut kerap dilaporkan banjir, kemudian di Kampung Bojong Kaso,  juga ada di RT 02 RW 08.

“Jadi, kita fokus di drainase di tahun 2023, dan ada juga yang di prioritaskan untuk  betonisasi. Tapi, gak banyak seperti tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dia berharap, semua komponen masyarakat dapat memanfaatkan Musrenbangdes ini sebagai acuan untuk pembangunan Desa Cileungsi Kidul di tahun mendatang, serta dapat mendukung semua program yang akan diprioritaskan.

“Harapan saya dengan adanya Musrenbangdes ini, program-program pemerintah desa bisa di dukung oleh lembaga desa, seperti RT RW. Kemudiam dengan adanya program nanti yang akan di laksanakan desa, bisa membantu sesuai dengan keinginan warga maupun insfrastuktur dan lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua BPD Ujang Kaman menegaskan, Musrenbangdes tahun 2022 ini, merupakan cikal bakal kegiatan pembangunan di tahun 2023. 

“Saya mengajak warga Desa Cileungsi Kidul untuk bermusyawarah. Silahkan usulkan, yang terpenting jangan sampai usulan itu berbenturan antara APBDes dengan APBN serta APBD,” jelasnya.

Ia memaparkan, untuk perubahannya ada dari BLT 48 persen, dan BLT 25 persen. Kemudian bisa dialokasikan di wilayah lainnya, untuk jalan dan anggarannya tidak jauh dari anggaran pemerintah yang dialokasian untuk peningkatkan jalan di masyarakat.

“Tadi sudah di utarakan oleh kades bahwa untuk pembangunan yang sekarang, saya minta untuk di prioritaskan yang tadinya belum terlaksana di tahun 2022, bisa dilakanakan di tahun 2023. Karenanya, pembangunan itu berkelanjutan, dan harus diprioritaskan dari yang sebelumnya belum terrealisasi,” katanya.

Menurutnya kepala desa juga sudah menyampaikan banyak yang masih belum terlaksana di tahun sebelumnya, namun pihak ya bersyukur jika di tahun ini sudah terlaksana untuk perubahan itu.

“Kalo BLT dulu 48 persen dan sekarang 25 persen dari Dana Desa (DD). Memang ini jadi peningkatan, dan alhamdullilah kita bisa membangun sarana peningkatan untuk masyarakat. Semoga ini bisa berkelanjutan terus,” tukasnya.

Dirinya berharap, usulan yang diajukan pada Musrenbangdes dapat direalisasikan oleh Pemdes dan Pemkab Bogor. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Cileungsi Kidul.

“Kita disini tim BPD mengawasi program tersebut sesuai yang kita sepakati di dalam musrenbangdes ini,” tukasnya.(Fal/Ab)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page