DPR RI Gandeng Kementrian PUPR Beri Pembekalan Bagi Jasa Tenaga Kontruksi

BABAKAN MADANG I POTRETBOGOR.ID– Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama sama dengan Komisi V DPR-RI, menggelar pembekalan dan uji kompetensi atau sertifikasi bagi tenaga kerja terampil bidang konstruksi yang ada di Wilayah III Jakarta. Hal itu seperti yang dilakukan di Wilayah Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Perwakilan Kementrian PUPR sekaligus Koordinator BJKW Wilayah 3 Jakarta, Muslim mengatakan jika pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil dengar pendapat (RDP) aspirasi dari DPR-RI, bahwasanya sudah menjadi keharusan di era sekarang seorang tenaga terampil memiliki keterampilan bersertifikasi sebagai pemberdayaan masyarakat.

“Pelatihan ini merupakan bentuk pembekalan bagi pekerja kontruksi untuk bisa mendapat serifikat resmi dari Kementrian PUPR,, dengan tujuan pemberdayaan masyarakat” ucap Muslim, kepada Potret Bogor, usai menghadiri kegiatan pembekalan dan uji kompetensi atau sertifikasi tenaga kerja terampil daerah bidang kontruksi angkatan XI-XII di Provinsi Jawa Barat, yang dilaksanakan di Kecamatan Babakan Madang dan dipusatkan di Aula Kantor Desa Cijayanti, Kamis (27/10/2022).

Adapun kegiatannya, dilakukan dengan pembekalan teori tentang tata cara mengerjakan tehnik-tehnik jasa kontruksi, yang selanjutnya bisa dipraktekan melalui uji pembekalan tentang kontruksi yang diawal langsung lembaga yang ditunjuk pihak Kementrian PUPR. Selanjutnya untuk mendapat sertifikat tersebut, peserta dapat melalui rangkaian test dan praktek kerja lapangan.

“Sasaran pesertanya yang ditunjuk oleh wilayah yang menjadi aspirasi anggota dewan. Dan untuk Kabupaten Bogor diikuti Dua kecamatan yakni Kecamatan Babakan Madang dan Ciseeng,” jelasnya.

Dari kelebihan mengikuti pembekalan hingga mendapat sertifikat ini, peserta akan lebih mudah untuk mencari lapangan kerja dimanapun. Hal itu lantaran adanya modal sertifikat yang dikeluarkan lembaga yang ditunjuk pihak Kementrian PUPR, baik di beberapa perusahaan maupun wilayah tempat tinggal.

“Kelebihan sudah bersertifikat ini dapat memudahkan masyarakat selaku tenaga kontruksi, untuk mendapat pekerjaan di berbagai wilayah nantinya, dan upah jasapun akan naik dari sebelumnya yang tidak berserifikat,” paparnya.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini, diharapkan bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga konstruksi berkualitas. Tiada cara lain, kecuali melalui proses sertifikasi kompetensi, sebagaimana tertuang dalam Undang- Undang Jasa Kontruksi Nomor 2 tahun 2017 pasal 70 yang mengatur bahwa, setiap pekerja konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Tugas kita memberikan perhatian serius untuk mewujudkan ketahanan masyarakat jasa konstruksi Nasional salah satunya melalui peningkatan daya saing dan produktivitas para pekerja konstruksi Nasional atau dengan kata lain penyiapan SDM konstruksi Indonesia yang Pro-Kompeten,” tukasnya.

Sementara itu, pihak Desa Cijayanti selaku yang memfasilitasi tempat kegiatan, mengapresiasi atas kegiatan tersebut. Menurutnya, pembekalan bagi tenaga kontruksi, merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dinilai positif.

“Kami mengapresiasi atas kegiatan ini. Selain menambah wawasan, tentunya memberikan peluang lapangan kerja bagi para peserta dikemudian hari, karena sudah memiliki sertifikat,” ucap Sekdes Cijayanti, Komarudin.

Komarudin berharap, para tenaga kontruksi baik di Wilayah Desa Cijayanti dan desa lainnya yang ada di Kecamatan Babakan madang, usai mengikuti kegiatan ini dapat menjadi profesional nantinya pada usaha yang dibidangnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page