Romi : Camat Cileungsi Terkesan Sulit Ditemui Wartawan dan LSM

CILEUNGSI I POTRETBOGOR.ID-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara), mulai mengkritisi sikap Camat Cileungsi yang terkesan sulit ditemui hingga terkesan menghindar. 

Padahal, pejabat publik sejatinya mau terbuka bagi masyarakat maupun lainnya, dan tidak menutup diri bagi lembaga yang bersifat sosial kontrol. Hal itu dikatakan Romi Sikumbang, kepada Potret Bogor, Selasa (25/10/2022).

“Kami menilai Camat Cileungsi terkesan alergi terhadap LSM maupun Wartawan. Sebab, dari laporan yang masuk ke kami, camat yang sejatinya menjadi pelayan publik, namun terkesan menghindar,” kata Romi.

Dia menjelaskan, kondisi ini terbilang lama dan terkesan adanya kong kalikong antar staf bawahan dengan camat. Sebab, ketika media maupun LSM yang ingin menghadap, selalu berucap sedang  tidak di tempat dengan berbagai alasan.

“Laporan yang masuk ke kami, setiap mau ketemu camat, itu alasan dari stafnya sedang keluar atau tidak di tempat,” keluhnya.

Romi menjabarkan, sulitnya bertemu camat juga dirasakan oleh pihaknya beberapa kali saat meminta audiensi terkait permasalahan sosial yang ada di Kecamatan Cileungsi. Hal ini pun menjadikan penilaian bagi camat bahwa terkesan anti kritik, padahal ada segudang Pekerjaan Rumah (PR) yang belum selesai sampai saat ini.

“Segudang masalah terkesan terabaikan. Seperti jalan yang rusak, pasar tumpah, terminal bayangan, sampah di flyover, saluran air yang macet, banjir, macet, Tempat Hiburan Malam (THM) yang merajalela, dan fasilitas kesehatan yang belum memadai, seperti di beberapa puskesmas yang ada di Kecamatan Cileungsi.

“Sampai hari ini tidak ada solusi, bahkan terkesan dibiarkan. Jika memang benar camat ini antikritik, sebaiknya diganti saja. Kami butuh pemimpin yang tegas dan  berani ambil tindakan nyata, dan bukan pemimpin terkesan menghindari kawan-kawan media dan LSM sebagai sosial control,” tukasnya.

Soal ini, Camat Cileungsi Adhi Nugraha yang dikonfirmasi ke kantornya, kembali beralasan tidak di tempat. Begitupun melalui konfirmasi melalui selularnya, terkesan menutup diri dan belum bisa memberikan penjelasannya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page