Hari Santri Nasional, Pemdes Cijayanti Gelar Bakti Sosial

BABAKAN MADANG I POTRETBOGOR.ID-Sebanyak 25 anak mengikuti khitan massal yang dilaksanakan Pemerintah Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, Sabtu (22/10/2022). Kegiatan tersebut selain sebagai peringatan Hari Santri Nasional 2022, juga dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Anak-anak tersebut terlihat sangat antusias untuk mengikuti khitanan massal ini. Selain dikhitan, sebanyak 11 anak santri juga mendapatkan beasiswa selama 12 bulan yang diberikan melalui transfer rekening masing-masing penerima bantuan.

“Ada sebanyak 25 anak yang mengikuti khitanan massal, dan pemberian beasiswa santri sebanyak 11 orang selama 12 bulan. Adapun sistemnya, dengan transfer rekening BJB kepada anak santri masing-masing,” ucap Kades Cijayanti, Ahmad Paojan, usai dihubungi wartawan.

Khitanan massal ini, kata dia, merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2022 yang jatuh pada hari ini. Khitan ini diperuntukkan anak-anak santri, dan juga anak yatim dan miskin yang ada di Desa Cijayanti.

“Rangkaian acaranya panjang, dari mulai istighasah, upacara peringatan Hari Santri, dilanjutkan dengan khitanan massal,” tuturnya.

Senada, Sekdes Cijayanti, Komarudin membenarkan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang diantaranya memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022, khitanan massal sebagai bentuk shodaqoh dari Aparatur Desa, serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatannya berupa sunatan massal dan pemberian beasiswa bagi santri,” jelasnya.

Dia berharap, dari beberapa rangkaian kegiatan ini agar terus  memberikan manfaat yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

“Semoga adanya kegiatan ini, dapat membangun kebersamaan yang semakin baik dengan semua elemen masyarakat,” paparnya..

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Desa Cijayanti, mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemdes Cijayanti, terkait pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) seperti khitanan massal, dan pemberian beasiswa tersebut.

“Ini sangat menginspirasi untuk juga bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak santri,” jelasnya.

Ia berharap, khitan massal ini bisa diagendakan di hari-hari besar agama lainnya, mengingat masih banyak masyarak yang membutuhkan khitan namun belum mampu. 

“Khitan ini merupakan kewajiban bagi umat muslim, maka kita harus bahu membahu membantu sesama,” tukasnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page