GP Ansor Gelar Isbat Nikah Massal di Bogor Timur

KLAPANUNGGAL I POTRETBOGOR.ID-Sebanyak 35 Pasangan Suami Istri (Pasutri) di Wilayah Timur Kabupaten Bogor, melaksanakan sidang isbat nikah massal yang dipusatkan di Aula Mesjid Al-Amin Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Senin (03/10/2022).

Sidang Isbat Nikah Masal 2022 se-kabupaten Bogor, diikut pasutri dari Wilayah Kecamatan Klapanunggal, Gunungputri, Cileungsi dan Jonggol. Adapun acara ini diselenggarakan oleh LBH PC GP. Ansor Kabupaten Bogor yang bekerja sama dengan MUI kecamatan Klapanunggal.

Pelaksanaan kegiatan Sidang Isbat Nikah Masal 2022 di hadiri oleh, Ketua PC. GP Ansor Kabupaten Bogor Dhomiry A Ghazaly, SH. Muspika (Ketua MUI Kecamatan Klapanunggal) KH. Lesmana M. Pd. Kepala KUA Kecamatan Klapanunggal H. Ade Janwarudin MS.SH. l, MH. dan para Anggota PC GP Ansor.

Ketua PC. GP Ansor Kabupaten Bogor Dhomiry A Ghazaly, menjelaskan,  hadirnya PC GP Ansor untuk menertibkan admistrasi bagi masyarakat yang belum memiliki buku nikah secara resmi, dimana para peserta sidang isbat nikah massal ini merupakan pasutri yang sudah sah pernikahannya secara agama, namun belum belum tercatat secara hukum oleh negara.

“Di masyarakat yang sering terjadi, kebanyakan pasutri tidak mencatatkan pernikahannya, karena kelalaian dengan alasan sibuk, lupa, tidak memiliki uang, dan juga jaraknya yang jauh ke Kantor Urusan Agama (KUA), ini salah satunya sebab akibat terjadi nya pasutri belum memiliki Buku nikah,” jelas dia kepada Rakyat Bogor, Senin (3/10/2022).

Menurut dia, padahal dalam kehidupan bermasyarakat, buku nikah itu sangat penting dan butuhkan guna berbagai keperluan administrasi lainnya, seperti bisa membuat akta kelahiran, membuat paspor dan lainnya.

“Dari total 35 pasangan peserta yang mendaftar pada hari ini, alhamdulilah semua berjalan dengan lancar,” jelas dia.

Kegiatan kali ke Dua ini, pihak PC GP Ansor juga menyebut sudah pernah dilaksanakan  wilayah Barat Kabupaten Bogor, dengam sasaran yang sama bagi warga yang belum memiki buku nikah lantaran sebelumnya menikah secara siri.

“Kami targetkankedepannya akan terus digerakan pada program isbat nikah masal ini bagi wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Bogor,” tukasnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page