Jembatan Penghubung Dua Kampung Ambruk, Ratusan Warga Terisolir

BABAKAN MADANG I POTRETBOGOR.ID-Jembatan penghubung Dua Kampung di Kampung Cicadas Desa Babakan Madang Kecamatan Madang, roboh. Kondisi ini membuat warga setempat terisolir, lantaran akses jalan kendaraan roda dua maupun roda empat tak dapat melintas. 

Di duga penyebab robohnya jembatan sepanjang 15 meter tersebut, akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Wilayah Kabupaten Bogor, beberapa waktu belakangan ini.

“Saat ini kami bersama Forkopimcam  Babakan Madang sudah berkoordinasi terkait kejadian ini, dan telah melaporkan hal tersebut ke pemerintah pusat untuk di lakukan penanganan lebih lanjut,” ungkap Kapolsek Babakan Madang, Kompol Ricky Wowor, kepada potretbogor.id, Kamis (22/9/2022).

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat, untuk sementara waktu tidak mendekat ke area runtuhnya jembatan Cicadas teesebut. Mengingat dikhawatirkan terjadinya adanya longsor susulan.

“Bantuan sosial bagi masyarakat sudah diberikan, termasuk bantuan truk untuk  akses bagi anak sekolah,” terangnya.

Senada, Kepala Desa Babakan Madang, Deni Nugraha membenarkan adanya kejadian runtuhnya jembatan penghubung antar kampung tersebut. Menurutnya, laporan adanya jembatan ambruk yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, pagi tadi.

“Benar ada jembatan ambruk akibat pergerakan tanah,” kata Deni.

Deni menjelaskan, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses jalan milik warga Kampung Cicadas dengan jumlah 417 Kepala Keluarga (KK) dan 1.464 jiwa penduduk. Dari insiden ini, membuat ratusan kepala keluarga yang sebelumnya memanfaatkannya menjadi terisolir. 

“Mau tidak mau warga yang melintas harus menyebrang melewati aliran sungai. Tapi kalau curah hujan tinggi, kita minta warga untuk tidak nekad melintasinya,” bebernya.

Deni memaparkan, dari kejadian tersebut masih beruntung tidak terdapat korban jiwa. Hanya saja, akses jalan warga pun di alihkan melalui jalur alternatif melalui jalan Puncak Dua lingkar Babakan Madang, karena akses jalan antar kampung yang terputus.

“Saat ini Penda Kabupaten Bogor sedang merencanakan pembuatan jembatan darurat,” tutupnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page