Petani Tanjungsari Kawal Eksekusi Bangli DAS Cikumpeni

TANJUNGSARI I POTRETBOGOR.ID-Para petani di Kecamatan Tanjungsari yang mengandalkan aliran air sawahnya dari Kali Cikumpeni, mengaku siap mengawal jalannya eksekusi pembongkaran puluhan Bangunan Liar (Bangli) yang berada di areal Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikumpeni.

Dari informasi yang dihimpun, para petani ini sangat berharap adanya pembongkaran bangli tersebut. Mereka mengeluh dan menuding keberadaan puluhan Bangunan Liar (Bangli) di sepanjang DAS Cikumpeni yang belum juga ditertibkan alias digusur menjadi biang kerok atas tersendatnya aliran air dari DAS Cikumpeni ke sawah mereka.

“Kami petani siap ikut mengamankan exsikusinya,” ujar Salahsatu Petani Tanjungsari, Adung (40), kepada Potret Bogor, Selasa (6/9/2022). 

Senada, Ketua Poktan Desa Pasir Tanjung, Uki Dasuki mengatakan, keberadaan bangli teesebut jelas- jelas menghambat aliran air lumpur. Seperti sampahnya mengendap di kolong-kolong, maka dari itu jika bangli ini jika tidak dibongkar aliran air ke arah titik Desa Tanjungrasa tidak akan lancar selamanya.

 “Intinya harus segera ditertiban dan petani siap mengawal,” tanya Dasuki.

Sementara itu, Plt Kabid Gakda Satpol PP Kabupaten Bogor, Wawan mengaku masih menunggu Disposisi dari pimpinanya setelah adanya pelimpahan dari DPKPP. Ia juga meminta kerjasamanya terhadap para petani maupun warga sekitar, untuk membantu mengawal jalannya eksekusi.

“Kami minta elemen masyarakat yang juga menginginkan adanya penertiban, untuk kiranya membantu mengawal supaya berjalan kondusif,” tukasnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page