Pemdes Cileungsi Kidul Resmikan Gedung Posyandu Melati 14

CILEUNGSI I POTRETBOGOR.ID-Pemerintah Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, meresmikan Posyandu Melati 14 yang terletak di Kampung Rawa Putat RW 08. Kegiatan tersebut juga dilakukan sekaligus dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional.

Peresmian Posyandu yang di komandoi Kades beserta  istrinya selaku ketua Posyandu dan PKK Desa tersebut, dihadiri seluruh perangkat desa, RT, RW, BPD, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah hari ini kami resmikan Posyandu Melati di RW 08. Tujuannya agar segera dapat dipakai untuk kepentingan kesehatan, seperti pemeriksaan ibu-ibu hamil atau imunisasi anak-anak nantinya,” kata Kades Cileungsi Kidul, Rudi Sukarya, kepada Potret Bogor, Rabu (24/8/2022).

Adapun sumber anggaran dari pembangunannya, kata Rudi, berasal dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2022  sebesar Rp. 28 Juta. Menurutnya, hadirnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ini menjadi salah satu harapan pemerintah Desa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan membangun perekonomian ditengah Pandemi COVID-19. 

“Posyandu merupakan jembatan utama Puskesmas, dalam memberikan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Peran Posyandu, lanjut Rudi, dinilai sangat penting sebagai pelayanan pada tingkat yang paling dasar yang memberikan dan pemantauan pelayanan secara terpadu, baik melalui kegiatan penimbangan bayi dan anak, pemberian makanan tambahan, pemberian oralit, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kehamilan, pengobatan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

“Dari jumlah 20 RW 106 RT yang ada di Desa kami, ada 21 Posyandu yang sudah terbangun,” ucapnya.

Rudi berharap, sampai dengan 2027 nanti, Desa Cileungsi Kidul sudah memiliki Gedung Posyandu sendiri. Hal itu guna memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap warga yang ada di wilayah desanya.

“Saya harap semuanya harus dapat menjaga atau merawat agar terlihat bersih dan nyaman. Karena Posyandu menjadi salah satu kebutuhan masyarakat setempat dalam memeriksa kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu, Tokoh Agama Desa Cileungsi Kidul, Ust. Drs. Mista Permana mengaku bersyukur atas terbangunnya sejumlah posyandu yang ada di Wilayah Desa Cileungsi Kidul. Menurutnya, hadirnya posyandu dinilai sangat penting guna kebutuhan fasilitas kesehatan bagi warga.

“Rasa syukur yang tak terhingga saya ucapkan. Semoga hadirnya posyandu ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Cileungsi Kidul, terutama bagi kalangan ibu-ibu maupun anak Balita,” ujarnya.(Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page