Rektor Unhan RI Tutup Diksarmil 300 Kadet Mahasiswa di Magelang

MAGELANG I POTRETBOGOR.ID- Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, secara resmi menutup Pendidikan Dasar Kemiliteran (Diksarmil) Kadet yang merupakan sebutan untuk mahasiswa baru Strata Satu (S-1) di Unhan) Cohort-3 (Angkatan ke 3) di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/08/2022).

Upacara Penutupan diikuti 300 Kadet mahasiswa S-1 dari 10 Program Studi (Prodi) di bawah Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer dan Fakultas Teknik Militer. 

“Alhamdulillah, para calon kadet mahasiswa peserta Diksarmil telah lulus seleksi secara ketat yang dilakukan secara online dan offline,” kata Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, kepada potretbogor.id, usai kegiatan.

Tes tersebut, kata Dia, meliputi tes potensi skolastik, TOEFL, dan tes IQ-Psiko. Sedangkan tes offline meliputi tes kesehatan jiwa, tes kesehatan fisik, tes Mental-Ideologi, tes Wawancara Akademik, dan tes kesemaptaan jasmani. 

”Diksarmil berlangsung selama 2 bulan hingga akhir Agustus 2022. Tujuannya sebagai pembentukan karakter dan mental pejuang Sapta Marga, fisik yang tangguh dan keterampilan prajurit sejati,” jelas Octavian.

Para Kadet Mahasiswa, lanjutnya, sudah ditempa dan digembleng dengan berbagai teknik kesenjataan dan taktik tempur perorangan dan satuan. Kurikulum dan metode Diksarmil yang diberikan menggunakan standar kompetensi Akademi Militer yang ditetapkan oleh Danjen Akademi TNI.

”Setelah Diksarmil di Magelang, maka para Calon Kadet Mahasiswa akan kembali ke Kampus Unhan RI di Bogor untuk selanjutnya mengikuti pendidikan akademik sesuai dengan Prodi masing-masing,” ucapnya.

Soleh salah satu orang tua Kadet, Siti Nurhalimah mengatakan telah mengikuti Pendidikan Dasar Kemiliteran (Diksarmil) selama dua bulan dan dia mengatakan merasa bersyukur karena putrinya telah selesai mengikuti Diksarmil.

“Insya Allah anak saya akan melanjutkan pendidikannya di bangku Kuliah Unhan dengan Prodi Fakultas MIPA Militer,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dihadiri Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. beserta staf dan para guru militer/instruktur, para pejabat dari Kemhan RI, para Warek Unhan RI, para Dekan Unhan RI, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz dan para pejabat pemerintah daerah. (Hom)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page