Legislator Minta Aparat Tegas Tangani Pencemaran Sungai Cileungsi

CILEUNGSI I POTRETBOGOR.ID-Usai mendapatkan laporan dari masyarakat terkait pencemaran Sungai Cileungsi, Wakil Rakyat asal Bogor Timur, Adi Suwardi turut prihatin atas insiden ini, dan mengaku akan ke lokasi untuk memastikan imformasi tersebut betul adanya.

Politisi Gerindra ini juga menyoroti terkait dugaan Dua Perusahaan PT.Win Land Wire Industries dan PT. Hengtraco Tehnik Indonesia yang memproduksi besi kawat baja yang beralamat dijalan Pancasila V Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, yang diduga telah membuang limbahnya ke aliran sungai Cileungsi.

“Insyaallah hari ini saya akan cek lokasi,” Ucap Adi Suwardi, saat dihubungi Rakyat Bogor, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, Suwardi juga mengaku sudah menemukan lokasi dugaan Dua perusahaan yang diduga membuang limbah jenis B3 tersebut ke Sungai Cileungsi.

“Ini terkesan Kucing-kucingan, dan pastinya DLH harus betul-betul mengawasi. Minimal ada surat himbauan dari DLH Kabupaten Bogor, disamping rutin pengawasan IPALnya,” Katanya lagi.

Lebih lanjut Adi Suwardi menyebutkan, ada beberapa nama perusahaan yang harus intens diawasi terkait Ipalnya, diantaranya ada pabrik lainnya, seperti PT.Rafi loundry, Mega sari, Win land, hentraco,.Pabrik Sosis, SCG pipa beton, dan pabrik kulit juga. Pihaknya menyarankan agar DLH Kabupaten Bogor melakukan Susur Sungai Rutin secara berkala.

“Saya sudah sarankan juga agar DLH adakan giat susur sungai,” jelasnya.

Dalam hal ini, Adi Suwardi mengaku belum punya data pasti tentang pelanggarannya. Namun pihaknya juga menghimbau pada semua perusahaan yang berizin atau pun yang belum berizin, untuk selalu memperhatikan dampak lingkungan.

“Yang belum berizin wajib di urus, dan yang sudah berizin agar melaksanakan sesuai yang tertera dalam dokumen. Jadi, intinya bagi yang tidak taat aturan yang telah ditetapkan pemerintah, alangkah baiknya ditutup saja, Penegak perda dalam hal ini satpol PP harus berani,” tukasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Sungai Cileungsi sepertinya belum terbebas dari pencemaran, yang dilakukan oknum perusahaan nakal. Hal itu terlihat dari masih adanya cairan limbah yang diduga B3 tertangkap camera mengalir dari pembuangan limbah salahsatu perusahaan tak jauh dari lokasi menuju sungai Cileungsi.

Informasi ini, diketahui saat warga turun ke sungai hendak memancing, dan melihat banyaknya campuran limbah yang mengalir diduga kuat berasal dari saluran pembuangan limbah milik dari Dua perusahan tersebut, yakni PT. Win Land Wire Industries dan PT. Hengtraco Tehnik Indonesia yang memproduksi besi kawat baja di Jalan Pancasila V Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.(Shb)

Editor : Ab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page