Bongkar Bangunan Liar di Tanjungsari, Pol PP Kabupaten Tunggu DPKPP

TANJUNGSARI I POTRETBOGOR.ID-Satpol PP Kabupaten Bogor, ahirnya melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lokasi Bangunan Liar (Bangli) yang berada disepanjang jalur Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikumpeni Desa Pasir Tanjung Kecamatan Tanjungsari. 

Dalam sidak yang dipimpin Kabid Ops Wawan, Penegak Perda ini mengaku masih menunggu data dari pihak DPKPP, untuk selanjutnya dilakukan eksekusi penertiban terhadap puluhan bangli yang disinyalir tak berizin.

“Sudah diberikan Surat Peringatan (SP) Dua,” kata Wawan dalam keterangannya usai meninjau lokasi bangli, Rabu (3/8/2022).

Kaitan tindakan selanjutnya, pihaknya masih menunggu data pelimpahan dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan (DPKPP) bangli tersebut kepada Satpol PP Kabupaten, yang selanjutnya akan dilakukan eksekusi penertiban.

“Penertibannya, kami masih menunggu pelimpahan data dari DPKPP kabupaten,” tukas Wawan.

Sementara pihak DPKPP Kabupaten Bogor, Sugih tak bergeming saat dikonfirmasi hal ini.

Sekedar informasi, maraknya bangunan liar (bangli) yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikumpeni Desa Pasir Tanjung  Kecamatan Tanjungsari, membuat kepala desa setempat geram. Pasalnya, selain tidak berizin dan melanggar aturan, juga memicu terganggunya aliran air.

“Ya tidak ada izinnya,” kata Kades Pasir Tanjung Abdul Haris dihubungi, kemarin.

Bangunan tersebut, kata dia, merupakan bangunan liar, karena terletak diatas sungai. Jika dalam aturannya dan pada kenyaraannya mengganggu terhadap aliran air, pihaknya menyarankan petugas berwenang untuk menertibkan. 

“Kalau dari aturan menganggu, seharusnya dibongkar,” jelasnya.

Abdul menambahkan, maraknya bangli itu, terjadi karena  warga yang telah membangun itu tidak memberitahu pihak desa. Ia pun menyarankan, sebaiknya meski pihak desa tidak berkapasitas melarang dan mengizinkan.

 “Kesimpulannya, sebaiknya bangunan liar yang ada diatas kali itu dibongkar,” tutupnya.

Sebelumnya, Kanit Pol PP Kecamatan Tanjungsari, Rosid berkilah jika penataan bangli Cikumpeni, masih nenunggu intruksi dari dinas perizinan.

“Tunggu dinas perizinan untuk penanganan lanjutan,” singkatnya.(Ab)

You cannot copy content of this page