SMP Negeri 1 Kemang Berperan Aktif Sukseskan IKM

KEMANG I POTRETBOGOR.ID – SMPN 1 Kemang Kabupaten Bogor, menjadi salah satu sekolah penggerak dan saat ini sedang melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kurikulum merdeka saat ini, menjadi pertama kali diluncurkan di Tahun 2022.

“Kita memiliki peran aktif sebagai sekolah penggerak dalam upaya pilot project implementasi kurikulum merdeka, dan telah memberikan sumbangsih pada keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kementrian Ristek dan Pendidikan Indonesia,” ucap Dini selaku pemateri IKM, Senin (25/7/2022)

Berbekal dari pengalaman dalam menerapkan kurikulum merdeka sebagai sekolah penggerak angkatan pertama, SMP Negeri 1 Kemang juga di tahun 2022, tengah ikut serta berperan aktif dalam studi banding, sosialisasi, pengimbasan, dan berbagi praktek baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Baik itu dilakukan di Kabupaten Bogor, Kota Bogor mauoun kabupaten lainnya secara daring maupun luring.

“Giat sosialisasi telah dimulai dari sosialisasi IKM ke SMP Regina Pacis Kota Bogor pada 21 Maret 2022 kemarin bersama Pengawas Pembina SMP Dinas Pendidikan Kota Bogor,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kadio dan Dr. Wulan Widianingsih Pengawas Pembina SMP Kabupaten Bogor, Juga ikut studi Banding dengan SMP Negeri 14 Kota Bogor pada 13 Mei 2022 lalu.

” Studi banding berikutnya juga dengan SMP Negeri 4 Kota Bogor pada 9 Juni 2022 kemarin,” terangnya.

Kepala Sekolah dan Komite Pembelajar SMPN I Kemang sebagai Pelaksana Kurikum Merdeka , telah menjadi Nara sumber dalam berbagai kegiatan IHT dan Workshop di SMP Negeri 3 Ciawi 18 Juni 2022, SMP Negeri 1 Ciawi 20 Juni 2022, SMP Negeri 2 Citeureup2 Juli 2022 , SMP Negeri 2 Parung. MGMP IPA Kabupaten Bogor dan Kota Bogor 20 Juli 2022.  

“SMP Negeri 1 Kemang sebagai Ketua Sub-Rayon Kemang telah menyelenggarakan Workshop untuk Kepala Sekolah dan Wakakur pada tanggal 12-13 Juli 2022 tentang implementasi Kurikulum Merdeka selama 2 hari, yang dihadiri oleh  Kasie  SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dewan Pendidikan Dr. Joko dan Anggota Dewan,” katanya.

Peran serta aktif SMP Negeri 1 Kemang ini, lanjutnya, bertujuan agar selain ikut berpartisipasi dalam mengsukseskan IKM, juga menjadi ajang mengasah pengembangan sekolah dalam peran sertanya membangun peradaban bangsa melalui dunia pendidikan.

“Mudah mudahan bermanfaat bagi sekolah lainnya,” tukasnya.

Sekedar informasi, Kemdikbud Ristek, Berencana bahwa Kurikulum Merdeka ini akan dijalankan sebagai opsi tambahan terlebih dahulu selama tahun 2022-2024 dalam rangka pemulihan pembelajaran pasca pandemi. (F/Ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page