Beben Suhendar Kawal Normalisasi dan Penataan Bangli DAS Cikumpeni Tanjungsari

TANJUNGSARI I POTRETBOGOR.ID-Anggota Komisi 1 asal Daerah Pemilihan (Dapil) Dua DPRD Kabupaten Bogor, Beben Suhendar, berjanji akan mengawal normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikumpeni serta penertiban bangunan liar (bangli) di sepanjang jalur yang sebelumnya menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Tanjungsari.

Seperti diketahui, dari hasil Sidang Reses DPRD Kabupaten Bogor, Dapil Dua Tahun Anggaran (TA) 2022/2023 di Kecamatan Tanjungsari, bahwa aspirasi yang berhasil ditampung diantaranya normalisasi Kali Cikumpeni sekaligus penertiban bangli.

“Tadi rekan-rekan di Dapil Dua, akan mengawal APBD untuk normalisasi aliran Sungai Cikumpeni, dan meminta eksekutif untuk upaya pembongkaran bangunan-bangunan tak berizin di sepanjang aliran air,” kata Beben Suhendar, usai melaksanakan Reses Masa Sidang DPRD ke III dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Tanjungsari, Rabu (20/7/2022).

Pada pelaksanaannya, lanjut Beben, Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menganggarkan Rp.900 Juta di Tahun Anggaran (TA) 2022, dan saat ini masih proses lelang. Selain itu, Beben yang saat itu melakukan survei lokasi, menjelaskan jika akar permasalahanya adanya longsoran tanah dari aktifitas galian C yang berdampak aliran air ke sawah penduduk menjadi tersendat.

“Untuk normalisasi saluran Kali Cikumpeni harus ada pembuatan tembok penahan tanah atau TPT, dan juga dilakukan pengerukan endapan lumpur,” jelas pria asal Jonggol ini usai meninjau lokasi DAS Cikumpeni.

Sekedar informasi, ternyata ada banyak hal yang disampaikan dalam Reses ini, khususnya permasalahan tentang PT. Mitra Inti Persada (MIP) atau Bogor Mineral (BM) yang harus ditindaklanjuti dan ditegaskan oleh pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor hingga Provinsi Jawa Barat . (ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page