Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat Dari Kulit Kita

KESEHATAN I POTRETBOGOR.ID- Tanda bahwa kolesterol sedang tinggi di dalam tubuh seseorang, terlihat Lima tanda ini pada kulit kita yang akan muncul. Hal itu seperti dikatakan dr. Ema Surya Pertiwi di salah satu video chanel YouTubenya.

Seperti diketahui, Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Tetapi jika kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.

Untuk menghindari hal ini, maka ada baiknya jika bisa mengenali tanda-tnada kolesterol lewat kulit. Seperti dilansir portalsulut dari kanal YouTube Emasuperr yang diunggah pada 26 April 2022, berikut adalah penjelasan dr. Ema Surya Pertiwi tentang tanda kolesterol tinggi pada kulit.

1. Xanthoma

Menurur dr. Ema Surya Pertiwi, Xanthoma atau Lesi kulit disebabkan oleh akumulasi lemak di dalam kulit.

Xanthoma bisa jadi pertanda seseorang mengalami hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh.

2. Xanthelasma

Xanthelasma itu bentuk yang paling umum dari Xanthoma. Menurut dr. Ema Surya Pertiwi benjolan ini biasanya muncul di sekitar kelopak mata bagian atas dan bawah berupa  benjolan kecil perlahan-lahan besar dalam waktu beberapa bulan.

Xanthelasma memiliki warna kuning orange mirip seperti jerawat maupun plak awalnya dikira bintitan tapi sebenarnya ini akumulasi penumpukan lemak di area kulit.

3. Palmar Xanthoma

dr.Ema mengatakan Palmar Xanthoma merupakan akumulasi lemak pada area kulit di bagian tangan. Mirip seperti jerawat tapi ini tidak ada nanahnya jadi murni akibat dari penumpukan lemak di area kulit.

4. Xanthoma Tendon

Xanthoma Tendon adalah nodul atau benjolan yang besar secara perlahan biasanya menempel pada  tendon bagian Achilles atau di area kaki. Menurut dr. Erma Surya Pertiwi gejala ini biasanya muncul benjol-benjol sekitar  2-5 mm dengan tepi merah muncul di area sekitar bokong bahu bahkan bisa sampai ke area tangan.

Jadi mirip seperti penyakit Herpes tapi ini lebih karena akumulasi lemak. Xanthoma berhubungan  dengan kadar kolesterol tinggi dan biasanya akan berhenti akumulasinya ketika kadar kolesterol kita kembali stabil.

Namun untuk menghilangkan pertumbuhan di kulit maka diperlukan tindakan seperti asam trikloroasetat topikal penguapan laser eksisi atau bahkan adanya pembedahan pada kulit.

Demikian penjelasan mengenai tanda jika kolesterol sedang tinggi, di mana 5 hal yang dijelaskan di atas muncul di kulit, sebagaimana diungkap dr. Ema Surya Pertiwi.(pb/ps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page