Lima Amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah yang Wajib Kita Ketahui

BOGOR I POTRET BOGOR.ID- Hanya tinggal menghitung hari, tak terasa kita akan segera memasuki bulan Dzulhijjah.

Bulan Dzulhijjah sendiri adalah salah satu bulan yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan tersebut masyhur disebut dalam Al-Quran maupun Hadits. Sebagai umat muslim yang senantiasa mengharap ridha Allah SWT tentu pada bulan Dzulhijjah ini akan menjadi ajang perlombaan untuk mendapat ridha-Nya.

Disebutkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abdullah ibn ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).

Disebutkan bahwa keistimewaan itu terdapat pada sepuluh hari pertamanya. Amal shalih yang dikerjakan pada 10 hari pertama bulan istimewa tersebut akan sangat disukai oleh Allah SWT.

Terdapat 5 amalan khusus yang bisa dikerjakan:

  1. Puasa
    Dalam sebuah riwayat Imam An Nawawi mengatakan:
    ”dan di antara puasa sunnah juga adalah puasa sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah” (An-Nawawi Al-Majmu’, hal 386 jilid 6).
    Dari kesembilan hari tersebut, terdapat hari yang disebut dengan puasa tarwiyah yakni puasa pada tanggal 8 Dzulhijhah, lalu puasa Arafah yaitu puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.
  2. Haji Haji adalah berkunjung ke Baitullah dengan niat ibadah dengan melaksanakan rukun-rukunnya. Menjadi tamu Allah adalah impian setiap muslim. Apalagi bila menyandang predikat haji mabrur, maka tak ada balasan dari Allah SWT selain surga.
  1. Kurban
    Kurban adalah menyembelih hewan (unta, sapi atau kambing) dengan tujuan semata-mata karena Allah SWT dengan syarat ketentuan tertentu. Ibadah yang hanya bisa dilakukan setahun sekali ini memiliki pahala yang luar biasa.
  1. Dzikir
    Rasulullah SAW secara tegas memerintahkan umatnya untuk selalu memperbanyak dzikir tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid. Tidak ada jumlah atau waktu yang menjadi pedoman melaksanskannya, namun semakin banyak tentunya semakin berpahala.
  2. Shalat
    Terlepas dari shalat wajib 5 waktu, terdapat shalat-shalat sunnah yang bisa dikerjakan pada waktu tertentu. Seperti shalat dhuha, tahajud, hajat dan lsin sebagainya.

Pada 10 hari pertama bulan dzulhijjah ini tentu menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah‐ibadah sunnah tersebut.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page